Trip With Sari Musdar

Trip With Sari Musdar
Spring Euro Trip With Sari Musdar

Facebook Badge

2013/05/07

Apa sih beda Trattoria, Ristorante & Osteria?

Hallo penggemar kuliner! 

Teman yang tinggal di Jakarta kebanyakan pasti tahu ya minimal pernah dengar Trattoria? Tempat makan ala dapur Italia yang cukup gaya untuk sekalian gaul kalangan menengah di jakarta. 

Nah beberapa saat lalu saya sempat mengunjungi beberapa kota di Italia dan tinggal sekian hari di pinggiran kota roma, bernama Marino. Saya tinggal di rumah seorang kenalan saya. 

Kalau teman-teman ke Italia pasti akan menemukan nama-nama ini di depan tempat makan (yang pada umumnya tidak terlalu besar dan wah seperti di kota - kota besar di Indonesia) seperti : "Ristorante", "Trattoria", "Osteria" dan "Pizzeria". 

Saya sempat mengamati beberapa tempat makan dengan penamaan berbeda tersebut. Tetapi karena gagal menemukan perbedaannya sendiri (kecuali Pizzeria yang semula lebih dikhususkan menjual pizza yang dimasak di 'pizzaiolo' oven berbahan bakar kayu bakar), saya bertanya pada teman Italia saya. 

Menurut dia nih, perbedaannya seperti ini : 

1. Ristorante 
tempat makan dengan pelayanan penuh dengan penerima tamu, waitress, menu yang lengkap (dari pembuka, menu utama dan menu penutup), suasana yang lebih wah dan nyaman serta untuk makan di sini biasanya harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Biasanya di Roma harga menu makanan mereka berkisar dari 20 euro. 

2. Trattoria (bisa diartikan kedai) 
Tempat makan yang agak kurang formal dari Ristorante, tetapi ada di atas dari Osteria. Harga makanan di bawah makanan di Ristorante. Di trattoria tidak akan menemukan penerima tamu,  menu yang dicetak seperti menu di Ristorante. Menu biasanya ditulis di papan tulis dengan kapur. 

3. Osteria  (warung) 
dibandingkan kedua nama sebelumnya, osteria merupakan tempat makan yang jauh lebih informal, dan banyak ditemui di desa-desa kecil, contohnya saat saya di Marino dan Frascati (kota kecil dekat Roma, dekat Bandara Ciampino). 

Selain ke3 istilah tersebut ada juga nama tempat makan "paninoteca" yang menjual sandwich ala Italia, "panini". 

MacD di Italia agak beda dengan macD di negara lain, karena mereka juga menjual panini. 

Catatan untuk teman-teman backpacker, jika jalan-jalan ke Roma, bisa menemukan tempat makan yang masih masuk ukuran murah, contohnya paket pizza / panini + coke seharga 3,5 euro atau untuk yang muslim yang ingin menjaga diri tetap makan makanan halal, bisa ke toko kebap yang dijual dengan harga 3.5 - 4 euro. Kedai-kedai kecil ini bisa ditemui sepanjang via Cavour dekat Roma Termini. 


Jangan lupa icip-icip Gelato (ice cream). Di roma bisa coba "San Crispino" Via (jalan) della Panetteria 42 dekat Fontana di Trevi, "Della Palma" dekat Pantheon, di vatikan bisa coba "Antonini" dan di dekat Rome Termini Station silakan melipir ke "Fassi" 

buon appetito!


No comments:

Post a Comment

Any comments, share your experience or ask?