Trip With Sari Musdar

Trip With Sari Musdar
Spring Euro Trip With Sari Musdar

Facebook Badge

2010/06/08

Lajang Kota Usia 30an

Tulisan ini cikal bakal dari Novel saya 'Cinderella in Paris' yang saya muat di FB, karena saat itu suatu penerbit yang mengajak saya menulis buku non fiksi tentang pergelutan jiwa dan perjuangan para single usia 30an di kota-kota besar mencari cinta sejati.
Lajang Kota 30an

Saya baru nyadar, stelah secara ngga sengaja chatting sama beberapa teman seumuran (30 -35) yang masih berusaha untuk mendapatkan cinta sejati alias masih single (jomblo/ sedang dalam proses dating/ sedang dalam relationship), ternyata banyak teman-teman senasib saya yang mulai was was dan tidak comfort dengan keadaan masih single ini.

Dan ternyata, masalah ini tidak dialami oleh perempuan saja, tetapi teman saya yang laki-laki pun akhirnya karena merasa senasib spenderitaan (waddaw kasian banget ya kaum single ini sampe saya sebut sependeritaan) yang dulunya ga pernah curhat masalah pribadi, tiba-tiba mengucur dari mulut dia oops tiba-tiba lancar menulis curhatannya sebagai lelaki single..

Kadang-kadang juga sempat mikir, hey guys, both of us have same problem, yang cewek ngeluh susah banget dapat Mr Right, yang cowok juga ngeluh kok nyari cewek yg bener-bener click susah ya? kenapa kalian ga kontak dan langsung jadian?? hehehehehe masalahnya, cari orang yg bener-bener click itu susah-susah gampang, antara kita harus berusaha keep looking dan nunggu juga Tuhan bekerja dalam usaha kita itu..jadi emang harus sabar dan ga putus asa..

Cita-cita luhurnya sih, bener-bener nemuin orang yang bener-bener kita cintai dan dia juga mencintai kita serta karena hubungan itu kita bahagia dan bermuara ke pernikahan. Tapi dari hasil curhatan kita para single 30's di jakarta, kadang-kadang dalam proses pencarian dan usaha ke arah cita-cita luhur tersebut, sering kali kita jadi sedikit "capek hati" dan BT.

Mungkin hal ini ngga dialami teman-teman lajangg 30's di negara lain. Buat saya dan para teman-teman pejuang cinta sejati, saat memasuki usia 30 ke atas dan masih lajang, semakin umur bertambah, semakin besar tekanan yang kita dapatkan dari orang-orang di sekitar kita.

Seperti pertanyaan, yang mungkin timbul dari kebiasaan basa-basi orang Indonesia, "kok masih single? apa sih yang dicari? terlalu pemilih ya? atau ada yang parah lagi bilang, KOk belum laku2 GUBRAX.. kalo kita nya dalam keadaan mental bagus, dan suasana hati bagus, paling dijawab dengan bcandaan...Tapi kadang-kadang ada aja orang yang usil dan kurang peka, tetap aja ngulik-ngulik sperti polis mengintrogasi penjahat, dengan pertanyaan kapan kirim undangan, kenapa belum> kenapa dengan cowok/ cewek kamu si X? bla bla bla bla bla....

Kejadian yang bikin BT, ketika seorang ex sahabat usia 30 an sebut saja V, yg sedang mengejar co idamannya hingga pergi ke negara Swedia menyuruh 2 temannya (yang saya kenal di satu kelas CCF) mengulik2 informasi ttg kisah cinta saya dan updatenya. hari pertama temannya Yn bertanya, "woi, di australia ya, temu banyak bule doong, kapan kirim undangan.." Saya jawab dengan becandaan, dia ngga puas, trus ngulik2...saya cuekkin.. besoknya muncul lagi dengan pertanyaan sama, "kapan nih kirim undangan" karena ngga puas dengan jawaban ngawur saya kmrn..Saya bilang aja. "besok lagi lu tanya kapan kirim undangan gue kasih payung deh hehehee, ntar klo gue kirim undangan, lu mesti kasih angpaw yg paling besar yak? nanya2 mulu kayak polisi...wanna know aja" hihihi itu hanya salah satu contoh orang usil, yang lainnya sih banyak, drpd capek hati nanggapin orang2 usil, akhirnya saya putusin ignore mereka.

Saya dan teman-teman saya yg curhat ini tidak mau terjebak dengan tekanan tersebut, married bukan ajang kompetisi siapa yang duluan, atau karena tidak tahan dengan tekanan sosial tersebut, maka kita asal nikah dengan orang yg mungkin bukan terbaik buat kita..KIta ingin merasakan perasaan indahnya cinta dan finally setelah melewati sgala macam perjuangan, perasaan senang saat jadian, sedih saat putus, akhirnya berbuah manis, dengan kesabaran kita, menemukan the right one, perasaan bahwa akhirnya kita menemukan orang yang benar-benar mencintai kita, orang yang ditakdirkan menjadi pasangan kita, meski tentunya setelah itu life not always happy ending story....stelah bertemu dengan si belahan jiwa ini, kita tetap harus berusaha agar pernikahan bisa berlangsung, agar cinta tetap terpelihara setelah pernikahan (tapi ini target kedua, target utama adalah menemukan cinta sejati)

Tidakkah orang- orang yang perhatian atau pun usil itu mencoba peka ? sedikitnya tenggang rasa? bagaimana jika mereka dalam posisi kita? umur 30an dan belum menemukan cinta sejati/ pasangan hidup?

Bagaimana rasanya jika kita si single 30's ini sudah berusaha untuk menemukan cinta sejati, baik dating dengan beberapa orang, dan juga usaha doa, tetapi belum menemukan yang cocok? 

Bukannya membiarkan kita berusaha dan tetap enjoy dalam hubungan yang sedang dibina, tetapi kadang-kadang malah bertanya kepada kita yang seakan-akan agak menuduh, something wrong with us cause we are still single at our 30's age??? parahnya ada teman yang komentar, lu sebenarnya manis juga ya..cuma kenapa belum laku2 oh help me, emang kita ini barang dagangan laku? hahaha

Beruntunglah mereka yang ada di negara maju, seperti kata kakak saya, di Perancis, nikah atau tidak nikah adalah THEIR OWN CHOICE. Orang tidak akan usil, usia kita 30an dan kita ngga nikah. Bukannya saya mau sok modern dan ingin mencontoh mereka. Tetapi mungkin, kalau orang-orang tidak usil, kita bisa benar -benar fokus pada HUBUNGAN itu sendiri dan bukannya fokus pada PERNIKAHAN saja. Kita ingin kita akhirnya menikah, setelah menikmati dan yakin orang inilah yang terbaik, bukan menikah karena dead line atau desakan dari lingkungan sekitar.

Untungnya dari curhat dengan teman-teman senasib ini, saya ada ide untuk membuat buku yang nyata tentang para pejuang cinta ini. Di Amerika mungkin sudah banyak buku tentang relationship, tetapi keadaan di Indonesia begitu khusus, mungkin sama dengan teman-teman senasib di India atau negara berkembang laiinya. Kebetulan, dari kakak saya, saya kenal dengan seorang broker penerbit, tiap malam kami bicara, dan dia tertarik untuk memfasilitasi saya menawarkan tulisan saya ke para penerbit.

Moga-moga project ini jalan, dan entah kenapa,, saya menjadi semangat untuk menulis kisahh suka duka lajang 30's di jakarta.. mungkin ada manfaatnya untuk memberi semangat kepada teman-teman senasib, hey gals/ guys, you are not alone..di luaran sana masih banyak teman2 senasib..dan juga mudah-mudahan membuka mata orang-orang yang terlalu perhatian hingga cenderung usil, untuk membiarkan kami tenang menemukan cinta sejati kami, tanpa perlu merasa dikejar-kejar dead line

Comments :
Bagus Utomo
gw dukung lo sratus persen, sis ...
slamet menulis ...moga bs nginspirasi gw ... :)
eh, klo butuh kata pengantar ato smacem testimoni ato smacemnya ...gw jg mau ...hehehe ...piss yak ... :p
January 15, 2009 at 12:45pm ·

Sari H Musdar
lo kok inspirasi? kan udah married hayooo
January 15, 2009 at 12:56pm ·

Imelda Tanorie
nalho .. nalho ...
January 15, 2009 at 1:35pm ·

Anastasia Novita Simpson
Temen kerja gue thn ini bakalan 30. Masih juga belum dpt jodoh karena pickynya minta ampun. ikasih liat cowok ganteng banget, menurut dia..it's OK. Udah gitu pengen punya anak 6!!!! Tp sekarang udah turun..mau punya 5 aja. Gue rasa org banyak yg nanya2 kapan married..udah punya pacar belum...itu karena cewek kan agak susah punya anak kalau udah 40 ...
January 15, 2009 at 1:53pm ·

Sari H Musdar
@Novita : halo Madame Chef, gue ga segitu picky nya kok, apalagi ke fisik kek temen lu hehee nyadar diri juga..punya 1 anak aja udh repot diidk nya. klo yg masih nanya2 sebatas basa basi masih mending, tp klo udh usil, males juga yak..
January 15, 2009 at 1:57pm ·

Bagus Utomo
halah ...
mangsud -nyeeee ...
inspirasi buat nulis ...
tulis-menulis ...getto loh ... ;p
January 15, 2009 at 2:01pm ·

Pratiwi Sumarna Nurdin
Gw dukuuuuung lih..setujuuu.. ;)..no deadline to meet mr n mrs right or a high quality relationship itself..
January 15, 2009 at 2:47pm ·
Erry Damayanti
Nice Artikel mbak...kalo butuh bahan tanya aja ke gw he he he..gw siap di wawancara, keep on your way.....SEMANGAT
January 15, 2009 at 2:54pm ·
Yuli Rahardja
gue dukung banget project loe sar... hebat.... enjoying life as it goes... anjing menggonggong kafilah berlalu, anjing menggonggong melulu lama timpuk aja pake sepatu....
January 15, 2009 at 3:02pm ·

Yanti Rismun
Ri... bisa kasi space gak untuk gw ikutan nulis di buku lo apa yg gw rasain ttg pendapat org2, en bgmn pergulatan para 30's single to find their true love and dream to build happiness family.. hehe
January 15, 2009 at 3:26pm ·

Tea Sweet
cuma kita yang bisa menentukan standar usil apa ngga... cuma kita yg bs menentukan sampai sejauh mana org itu bs mengganggu kita... cuma kita yg tau keinginan, kemampuan dan kecepatan mencapai destinasi akhir..
January 15, 2009 at 4:21pm ·

Herlin Adeline
Mbakku.....selamat berjuang ya untuk projectnya, im happy for you..
Jangankan lu yang 30, gw aja yang 20an ditanya mulu, kapan kirim undangan. Sampe akhirnya gw bilang "Uhm...jaga kesehatan, nyiapin baju dan ang pao, begitu undangan gw kirim harus, wajib dan kudu datang"
Kalo didenger2 ya kata-kata gw sedikit keras seh, cuman tetap saja gw yang berhak atas hidup gw, mereka khan cuman nonton dan team hore...
lho...lho...koq malah curhat hahahahahhaha
January 15, 2009 at 5:26pm ·

Lily Salim
pejuang cinta sejati ...gue bayangin bukunya nanti akan berisi cerita2 anekdot yg lucu, asem, pengalaman selama dating dari cowok ke cowok, karakter2 manusia dlm membina relationship dan juga masalah ketidakcocokkan, wah bisa jadi menarik tuh buku ... sex an the city, tp lebih klasikkan lah yach, ala indonesia ...
January 15, 2009 at 5:32pm ·

Chitra Irawan
betul banget ri...
kita jangan sampai nikah seperti membeli kucing dalam karung....
sejak kapan ya beli kucing dimasukin karung?...hehe....
good luck untuk bukunya....
January 15, 2009 at 5:40pm ·

Rio Gilang
muantap bgt neh persembahanya...
btw lagi ada dimana nih ?
January 15, 2009 at 6:04pm ·

Astried Ocktafebrina Sarumpaet
Sariii, ga nYangka gw Lo puNya baKat nuLis :D Gw duKuNg pRoject Lo mBak.. Tp gw boLeh namBahin 1haL? Terkadang qTa sendiri suKa ngga "nGeh" Lowh, sewAktu qTa sbenernya ditUnJukin "ini jOdoh qta" diUsia muda :p Kadang qTa suka bOong saMa diri seNdiri dgn biLang "aAhh,masi muDa. Masih bYk yG haRus diniKmati.. BeLum iniLah,ituLah.."
WueKekekk
Tp gw sTuju sama mami yuLi,, "aNjing mengGongGong,timPukin aJa"
PeduLi seTan bOo,ama orang!! Nah oRg itU aje,ga nGasih maKan kiTeEe!
(LahHh,,maLem2 napa jD eMosi gini gw?)... See More
January 15, 2009 at 8:15pm ·

Lily Salim
anjing menggonggong, timpukkin ajah, hihihiii ngakakkkk gue bacanya ...pake apa nimpukkinya, jangan pake daging yach entar anjingnya jd tambah buas donk ...
January 15, 2009 at 8:21pm ·

Sari H Musdar
wow terima kasih komentar dan support dari temen2 semuanya keren, cuma pengen banget nanggepin komentar2 lucu dan menarik :
@ herline : wow jaman gue umur 24, masih belum ada yg nanya2 gitu say..jawabanlu udh OK kok, ga keras, ngena bgt

@ Achiet alias Mrs Sarumpaet qiqiqi ada benernya juga tuh, dulu ada yg ngajakin nikah ga terlalu minat..(apa juga krn belum waktunya/ jodoh ya/ atau saat itu belum mikir??),
...
January 15, 2009 at 8:41pm ·

Jocelyn Gunawan
Sar... gue mau komen... eh tunggu... gue belon baca abis... hihih..
January 15, 2009 at 8:54pm ·

Jocelyn Gunawan
akhirnya abis juga... heeheh...
tulisan nya bagus juga, enak di baca, topiknya juga oke, karena berdasarkan pengalaman pribadi kali yaa... jadi asik gitu...
heheh

semua yg elu tulis bener deh, terutama orang2 usil yg merasa lebih berhasil karena bisa menikah lebih dulu dari yg belom... heheh.. padahal belom tentu happy ending sampai akhir hayat, seperti kisah cinderela atau si sepatu kaca atawa putri salju... hahah.. kebanyakan baca dongeng yah gue!!! mungkin itu juga, yg mempengaruhi kriteria dan impian2 gue... hahha... eh jadi ngelantur euuyyy...... See More
January 15, 2009 at 9:19pm ·

Jocelyn Gunawan
aduh... komennya belon abis, udah ga bisa nulis lagi...

padahal, cuma mau nulis ini:

ok deh, akhir kata, ide elu bikin buku, gue dukung abis...... See More
January 15, 2009 at 9:23pm ·

Jocelyn Gunawan
eh sar, ada yg kelupaan...

gue sih tenang2 aja sekarang, abis kaya nya kalo jodoh, ga bakal kemana deh...

sebabnya.... ehhmmm... ehmmmm... ehhhhmmm ;-)
January 15, 2009 at 9:27pm ·

Vidya Mira Sari
Gue setuju bgt ama project loe, dulu gw pernah punya target merit sebelum 30 th, wkt gue umur 27 ada cowo yg ngajakin gue merit tp gue ga suka ama cowo ini. cuma gue berusaha utk suka siapa tau dia cocok n jodoh ama gue. tyata pd saat stlh lamaran cowo ini gue putusin krn gue sadar gue gak suka ama dia n gue masih ingin merasakan kebebasan mjd ...
January 15, 2009 at 9:29pm ·

Sari H Musdar
@ Jo : gw penasaran dari td nungguin komentar lu..pantes lama bgt,, dari lubuk hati terdalam rupanya..gw juga kek lu, di ktr dulu nasehatin temen2 yg msih 20an, kloo ada yg serius ngajak cinta dan dia juga cinta, ayuk aja..pdhl gue sendiri belum merit..

Yay bener bgt say, ada peran Tuhan di sini, tapi tetap usaha toh, kali2 lu di Cina sana, ada ...
January 15, 2009 at 9:49pm ·

Cecep Andriana
kalo kata bang eddie mah...........can't find a betterman..... :)
January 15, 2009 at 10:00pm ·
Jocelyn Gunawan
hihihi Sar... sampe penasaran gitu...

lama komennya, sebab, sambil nonton tv .... hihi... penyakit lama, selalu nonton sambil baca koran atau dengerin radio sambil nonton dvd, atau makan sambil kerja, eh kebalik, kerja sambil makan... hihi, skarang sih yg paling sering, internetan sambil dengerin tv.. haha

eh, ngelantur lagi gue yaaa... ok balik ...
January 15, 2009 at 10:04pm ·
Lelya Kertopati Kenz
@ Sari Handayani: gue baru baca ni...Kalo mau buat film nya kabarin gue yah!! pasti dibantu dee :)
Orang Indo suka usil banyak hal, berisik dan nozy banget ya.
Gue pernah sih tanya temen cewek gue yg over 30's, maksudnya baik, ingetin dia, tapi mood dia lagi korslet kalee... jawaban dia lebih harsh dari pertanyaan gue. Gue bilang cari cowok dunk biar enak ada yg jagain,nganterin, ngga bingung kalo pulang malem, (eh jawabannya malah) kalo gitu mendingan loe cariin gue sopir aja dee! Gubrax..

Kalo sampai buat orang sakit hati, harusnya kita langsung (secepatnya) minta maaf sih, ya ngga Sar? Tapi ada temen cowok baru kenal lagee, gue tegur karena mulutnya kasar kalo bicara(walopun maksud dia jokes), ditegur malah ngamuk dan karena informan, gue tahu dia buat fitnah di antara temen2 gue...banci banget ya....
January 16, 2009 at 12:20am ·

Lelya Kertopati Kenz
Kalo sampai buat orang sakit hati, harusnya kita langsung (secepatnya) minta maaf sih, ya ngga Sar? Tapi ada temen cowok baru kenal lagee, gue tegur karena mulutnya kasar kalo bicara(walopun maksud dia jokes), ditegur malah ngamuk dan karena informan, gue tahu dia buat fitnah di antara temen2 gue...banci banget ya.

Gini Sar : "Orang yg nyakitin hati loe, tulis namanya di atas pasir, bakalan cepat kehapus ombak atau angin. Tapi orang yg membahagiakan hati, tulis namanya di atas batu karang!
January 16, 2009 at 12:25am ·
Sari H Musdar
@ lelya : hehehe kali dia lagi sensitif tuh...tp gue bisa bedain org yg bener2 perhatian trus kasih support, dengan org yg kurang peka dan cenderung usil.

lu bayangin say, chatting tanpa basa basi "hai, apa kabar?" tiba-tiba muncul, "kapan kirim undangan" trus tu org ga akrab banget sama gue...gubrax bgt kan..

untungnya di ktr gue yg dulu orgnya asik2 tuh, yg udah pada nikah juga bener2 kasih pemikiran yg perspektif ttg si single dan si married person..jadi gue asik2 aja... See More
January 16, 2009 at 1:05am ·

Lelya Kertopati Kenz
@Sari: di sini - tuh di mana? je suis a Jkt, et toi, t'es ou? il s'agit de quoi? ayoo aja, japri ntar ya Sar
January 16, 2009 at 1:21am ·

Ronald Alexander Indra
komentarnya banyak sekali.... keep move on...
January 16, 2009 at 2:22am ·

Giza Gracia
Part I:

wuihhh...komennya nge-bludag...mudah2an bukan krn lo mau bikin buku ya Sar, wkwkwkwk....piss!!

aku suka topiknya, nyata banget [istilahnya: membumi], dmn jadi struggle life nya Indonesian's 30's, bukan hanya di Jak kok...sekarang di daerahpun umur 30 ke atas blm merit udah banyak. Dan yg mereka hadapi lebih kejam, krn lingkungan yg blm se-modern Jak. Biasanya aku bilang ke teman2 tsb: keep the spirit, you are what you think. ... See More
January 16, 2009 at 6:40am ·

Giza Gracia
Part II:

Jawaban yg smart sll jadi jurus andalan akhirnya.
Kapan nikah? kl gue nikah, situ mo nyumbang brp? kalo gak nyumbang gak usah nanya2....
... See More
January 16, 2009 at 6:46am ·

Nuni Berg
lain kali kalo ada yg usil tanya, kapan married-nya....tanya aja balik, "Situ sendiri kapan siap mneghadap SANG PENCIPTA?" ha ha ha dijamin langsung diem deh he he...ini gue baca cerita cewek yg seusia elo juga tapi masih jombo dan udah kesel ditanya-2 orang terus...GO GIRL...GO SISTER...aniway sorry ye kalo kakaklo suka judes, maklum emal-2 gitu ...
January 16, 2009 at 3:14pm ·

Nuni Berg
anyway, itu fotonya thole kok ada di sini, udah bayar fee ke emaknya belom???? si thole dijadiin model yaaa...wah si thole, belum-2 dah numpang beken nih kakakakak....
January 16, 2009 at 3:16pm ·

Theodora Rima Usagani Degraeve
Hei Sari, eh nggak gue bukannya mo daftar soalnya gue sudah emak2 berbuntut segala. Gue cuma mo bilang bhw loe tuh pasti demen nonton seri SEX and THE CITY soalnya loe bikin rubrik macam Carrie Bradshaw alias Sarah Jessica Parker. Huahuahua. Kalau di group loe ada Mr.BIG, gue daftar deh, sst jangan bilang2 Nicolas yaaa! Gue ucapkan semoga cepat dapat jodoh. Kadang kalau nggak dicari malah ketemu.
Good luck deh utk semuanya.
January 16, 2009 at 5:13pm ·

Sari H Musdar
Dear Rima, wahh gue ga terlalu suka sama Sex and the city, ngga gue bangets deh..ini ide emang awalnya krn bbrp bulan terakhir temen2 yg seumuran awalnya chatting ga jelas, trus sampe mereka curhat ttg masalah mereka, yg sama juga gue alami..gue juga liat status FB temen2 gue yg masih single..

Indonesia, jakarta, walopun keliatannya modern, tp bagaimanapun ada nilai2 yg beda di sini. ga mungkin doong gue munculin curhatan mereka dii sini...bisa pada kabur ga percaya sama gue ntar..
January 16, 2009 at 5:36pm ·

Diyah Handayani K
wah dah keluar nih bakat terpendammya. sukses lo mba buat bukunya. ntar kalo dah kelar boleh nie dikirim satu he..he..
January 17, 2009 at 3:00pm ·

Sari H Musdar
dream comes true...this story becomes a novel "cinderella in paris
a few seconds ago ·

No comments:

Post a Comment

Any comments, share your experience or ask?