Trip With Sari Musdar

Trip With Sari Musdar
Spring Euro Trip With Sari Musdar

Facebook Badge

2011/05/02

Kelamaan dijajah bikin kita inferior sebagai bangsa Indonesia ?

Cerita ini gue ambil dari note FB tetangga kakak di Melbourne, pelajar Indonesia yang sedang kuliah di sana.
Ceritanya gini, dia dan istri iseng jalan-jalan ke City (downtown/ pusat kotanya Melbourne) dan kebetulan makan di suatu resto terkenal milik Indonesia yang kebanyakan pekerjanya dari kasir sampai pelayannya adalah mahasiswa S1 atau S2 Indonesia yang sudah pasti lah bahasa Inggrisnya hebat, tapi nih resto ngga cuma orang Indonesia aja yang jadi pelanggannya, dari orang Asia sampe bule suka nongkrong di sini.

Nah ngga berapa lama lewatlah seorang perempuan yang diduga orang Indonesia berjalan bersama (yang diduga) adalah suaminya, seorang bule tua (kelihatan berjarak jauuuuuuuuuh dari segi umur). Si cewek ini seperti tipikal kebanyakan cewek-cewek Indonesia social climber yang dapat bule berpenampilan seronok melebihi gaya bule. Sampai lah si cewek ke depan kasir, seorang mahasiswi Indonesia.

Pelayan : Mau makan apa mbak? (dengan senyum ramah)

Si mbak  : No, spik Engglish plis (Speak english please, tapi dengan nada medok gitu)

Pelayan : (ngeliat bingung ke si mbak)

Si Mbak : Wel, A em Australia (maksud si Mbak nih ye, kira-kira begini :Well I am Australian - masih dengan nada medog)

Pelayan : Oh Ok, then, What do you wanna eat?

Si Mbak : Raiiis (rice maksudnya lho, bukan nyebut nama Pak Amin Raiiiiis :-p)

Pelayan ngambil nasi

Si Mbak : No, much, much (sambil gerakin tangan bentuk kerucut, yah kali dia mau bikin gunungan nasi kayak nasi di  selamatan gituuuu)

Pelayan dalam hati mikir nih si mbak kuli apa lapar yak, orang aussie mana ada yang makan nasi sebanyak dia wkwkwk

Pelayan : and.. what else?

Si Mbak : (uhm..nengok ke suami bulenya) "wot dhu yu won tu it haney (What do you want to eat, honney ?) 

Bule : Dunno, I have no idea about Indonesian food, you tell me! (dengan aksen Aussie Inggris kumur-kumurnya itu)

Si Mbak : (balik ke si pelayan nan cantik) Ok, tirung n casava lif (tirung and casava leaves)

Pelayan : (bingung, perasaan di bahasa Inggris ngga ada kata tirung??? "Apa pas gue kursus TOELF ada kata yang kelewat yak?") I beg you pardon Miss?

Si mbak : (nengok ke si mister bule, minta bantuan, karena suaminya juga ngga ngerti, si mbak garuk2 kepala) duh opo seh, yo pokok'e iku lho, terong goreng karo daun singkong mbak! ah pusing aku ngomong bahasa Inggris dari tadi!!!

wkwkwkw beberapa orang indo yang ada di situ, maaf, ngga bisa nahan ketawa ngeliat tingkah si mbak yang kebule-bulean dan ngaku-ngaku orang Australia

Kepikiran ga sih? kenapa sebagian dari kita kelihatannya agak inferior dengan ciri khas kita sebagai bangsa Indonesia? Sehingga kebanyakan artist kalo diwawancara mesti nyelip satu dua kata bahasa Inggris, yang seringnya penggunaannya salah, misalnya nih "kita kan entertain" (bukannya kita kan entertainer) atau "kita kan kerja di dunia entertain" (bukan entertainment)

Kalo gue perhatian, orang Filipina dan Tionghoa yang dari China daratan (bukan WNI ya, benar-benar asli China) yang jadi imigran di Eropa atau Australia, mereka tetap tuh kalo ketemu sesama bangsanya di sana, pasti ngomong bahasa mereka. Kejadian lucu pas jalan-jalan di Eropa gue beberapa kali diajak ngomong bahasa Tagalok, Mandarin dan Kamboja, gue jawab pake bahasa Inggris, mereka pikir gue sombong lupa sama bahasa sendiri, pas gue jelasin gue dari Indonesia, baru deh mereka minta maaf.

Hingga seorang Cinta Laura yang sudah bertahun-tahun tinggal di Indonesia masih saja berbicara dengan logat lebih bule dari bule yang 100% berdarah bule  (ponakan gue yang dari lahir sampai saat ini usianya 13 tahun tinggal di Perancis, saat diajarkan bahasa Indonesia, berusaha dan bisa mengucapkan kata-kata yang diajarkan dengan logat mirip orang Indonesia, walaupun dalam darahnya mengalir 1/2 darah Perancis, karena dia bangga sebagai keturunan 2 bangsa, Perancis dan Indonesia, bukan hanya darah Perancis)

Kejadian yang sama baru saja terjadi sore ini, saat gue menelpon provider training di Jakarta.

Receptionist Pria: (menyebut nama representative suatu institusi training dari Amerika Serikat), good afternoon
Gue : (pertama gue pikir dia bule) Good afternoon, can I speak to Pak....?
RP : Sorry can you spell it?
Gue : (mengeja nama itu, dan gue paling benci  kalo harus ngeja kata dengan A= alfa..ngga hapal booo)
dan pembicaraan sampai 2 menit masih dalam bahasa Inggris, sementara gue yakin orang yang bicara sama gue orang Indonesia
Gue : uhm sorry, are u indonesian?
RP : Yes
Gue : well, since you are indonesian, and I am indonesian too, can we cut this off, and let's speak indonesia!

Bukannya apa-apa ya! Gue juga ga munafik, kadang-kadang di blog atau status FB nulis dalam bhs inggris, tapi itu kan komunikasi 1 arah, nah kalo komunikasi 2 arah, terutama lisan, dan lawan bicara kita juga orang Indonesia, ngapain juga susah-susah pake bahasa Ibu (mother tounge) orang lain?

Kalo udah begini gue ingat kejadian sering kesasar  waktu tinggal di Paris, dan orang sana jarang ada yang mau nanggapin gue kalo gue nanya dalam Bahasa Inggris. Pas gue dengan bersusah payah tanya dalam bahasa mereka, barulah mereka mau nolong, sial! Kalo aja mereka seperti orang indonesia yang hobi ngomong bahasa Inggris, ngga mungkin tuh gue kesasar di Seferino sampai 1 jam, bolak balik nelusurin terminal metro (subway) pas gue dilepas kakak dari rumahnya di Gretz Armeinvilliers (pinggiran di selatan agak timur Paris) yang mau jalan ke Versailles.

Nah di luar berbahasa Inggris, gue juga ga habis mikir sama beberapa orang Indonesia yang menghamba dan mendewakan bule. Memperlakukan bule seperti dewa sementara sama bangsa sendiri ga menghargai. Yang seperti ini sering terjadi di tempat wisata/ agen wisata atau di tempat kerja dimana ada expat.

Mungkin karena di keluarga gue ada 2 orang bule, dan gue pernah tinggal di rumah mereka, jadi tanpa menghilangkan rasa hormat gue kepada bule, gue tahu mereka itu manusia biasa sama seperti kita orang Indonesia.

Gue bisa debat dengan kakak-kakak ipar gue, bisa mengkoreksi ucapan mereka kalau gue yakin pendapat gue benar dan ada alasan / fakta.

Kalo ngeliat cewek2 Indonesia yang ke bule super ramah dan baikkkkkk banget sementara ke kolega indonesia jutek,  gue pengen ketawa-ketawa, "Dude, bule juga manusia lagi!! dimana harga diri lu sebagai bangsa Indonesia??" Orang-orang begini sih biasanya belum pernah ke Luar negeri, apalagi negara-negara maju. Lu kira kalo kita di negara mereka, kita diperlakuin raja ? Yah walopun, alhamdulillah, selama gue jalan-jalan ke negara bule alias negara maju, banyak orang lokalnya yang ramah dan nolong gue. Tapi kalo kita tinggal lebih lama di negara-negara itu, berasa deh jadi warga negara kelas 2.

11 comments:

  1. Mba Sari, saya pernah punya pengalaman gak enak saat mampir ke salah satu gerai kopi terkenal dari Amerika di bilangan kuningan, barista dan kasirnya kurang ramah dan ngelayanin saya gak pake senyum, lah giliran customer berikutnya (dibelakang saya) pas kebetulan orang bule (cewek) eh dengan ramah dan sumringahnya mereka semua menyapa si bule...bahkan barista yg berdiri paling jauh dari si bule pun ikutan teriak menyapa si bule..."good morning, how r u today, mam, bla...bla..bla..." duh, sebelnya ngeliat lagak mereka :(

    ReplyDelete
  2. Nathalia : hihihi aku pernah ngalamin pas sama keluarga (kakak2, ibu) ke Bali. kenapa bsia gitu ya? kita sendiri ga bisa menghormati bangsa sendiri?

    ReplyDelete
  3. Hadeeehhhhh" Negara ini memang Inferior Mbak....
    Kita memang terlahir di negara Inferior jadi ya wajar saja kalo sekreatif apapun SDM negara Ini, se Kaya apapun Sumber Daya Alam Negara Kita....

    Kalau Dirikita Masih merasa Inferior, kita akhirnya menjadi mengerti kenapa Ir.Soekarno saat berpidato selalu membangun kepercayaan Diri Rakyatnya,,,,

    Dan kenapa di Lagu Negara Kita lebih dahulu "Bangunlah Jiwanya" dari pada "Bangunlah Badannya" Trima Kasih Mbak atas Pengalamnnya...

    Ini berharga bila suatu saat nanti saya jadi berangkat belajar Ke Amerika

    rosenohendratmojo@yahoo.com
    Penulis www.gema-nurani.com

    ReplyDelete
  4. Betul Itu Mbak...
    Pengalam anda akan sangat bermanfaat bila saya nanti jadi berangkat ke amerika
    rosenohendratmojo@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. Ga perlu jauh jauh ampe Melbourne.. Aku ja nemu orang Indonesia tulen d Jakarta yg maunya ngobrol pake b. Inggris aja.. Klo yg kutemui ni ga kampungan si gayanya.. Cuma tetep aneh rasanya ngobrol pake b. Inggris dg sebangsa sendiri apalagi tujuannya bukan utk memperlancar kemampuan berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
  6. hahahahahhaha...ngakak habis mbacanya mba hehehehe...aq juga waktu tinggal di jerman kalo ketemu orang philipin, thailand suka disapa pk bahasa mereka tapi aq senyum aja karena ga ngerti apa yang mereka bilang wkwkwkwkwkwk...karena dia liat aq senyum aja akhirnya dia pk bahasa inggris dan nanya asal aq dari mana, aq bilang dari Indonesia akhirnya dia senyum juga :)
    Emang terkadang banyak orang indo yang sok kebule-bulean bahkan melebihin dari bule kadang hehehehehe...dan melayani orang bule dengan super ramah dibanding kalo ngelayani orang indonesia sendiri. Padahal teman2 bule aq pernah bilang ke aq 'mereka memang baik dan ramah, tapi di balik itu pasti ada maunya'
    Kebanyakan orang Indonesia yang belum pernah tinggal ato pergi ke luar negeri mikir kalo orang bule itu udah pasti kaya, padahal kalo mereka lihat sendiri si bulenya di negerinya banyak mereka yang hidup pas2an juga cuma kehidupan mereka terjamin karena negara yang tanggung. Contohnya di Jerman walaupun si bule jerman hidup pas2an dan ga punya kerjaan tetap dia dapat uang sosial dari pemerintah setiap bulannya yg kalo dirupiahin lumayanlah. Miskin di negaranya tapi kalo datang ke indonesia si bulenya kelihatan hidup 'wah' karena perbandingan mata uang yang lumayan beda jauh :D

    ReplyDelete
  7. Saya tinggal di Wales dan kalau ketemu teman orang Indonesia disini senang karena bisa bicara bahasa Indonesia. Partner saya yang asli Wales juga kalau bicara bahasa Indonesia malahan logatnya agak medhok karena niru saya LOL.
    Waktu ketemu teman masa kecil saya di Belanda, dia hidup disana sudah hampir 20thn masih medhok lho bahasa jawanya ..

    ReplyDelete
  8. halo mbak2 yg di luar negeri... salut dgn kalian, tetaplah bawa nama baik indonesia, diaspora indonesia spt warung uni dewi di london yg keren itu, go international tanpa gembar gembor "go international"

    moga2 nanti di eropa, amerika, australia ada juga "little Indonesia"

    trims udah baca ya

    ReplyDelete
  9. pernah ngalamin yang sama, saya sering menginap di salah satu hotel di bilangan Tanah Abang. itu hotel emang jadi langganan meeting kerjaan. seringnya pake banget nginep di hotel itu, tapi ya ada penyambut tamu cafenya kalo menyambut orang-orang di kantor saya jarang banget senyum kalo bule yang dateng senyumnya sumringah banget sampe dianterin ke tempat duduknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous : ya ini sering bgt.. terutama di tempat wisata

      Delete
  10. ya harus bangga dengan indonesia, pengalaman saya waktu di belanda,saya pergi ke warung suriname, saya coba bicara bahasa jawa. mereka senang sekali, walaupun hanya beberapa kalimat dan bukan dengan bahasa jawa yang halus..

    ReplyDelete

Any comments, share your experience or ask?