Trip With Sari Musdar

Trip With Sari Musdar
Spring Euro Trip With Sari Musdar

2014/05/16

Boleh sih manggil "mblo" asal kamu selucu Raditya Dika :)

Kecuali kalau kamu Raditya Dika, stand up comedian atau kamu juga masih single boleh sih becanda dgn nyebut "Blo" (dari kata jomblo). Tapi kalau kamu bukan, terutama kamu muslim yg tahu agama, lbh baik ga usah ikut2an menghina walaupun becanda dgn posting candaan ngejek org2 yg belum nikah ga laku-laku. Jangan.

Karena sy belajar, jodoh ga ada kaitannya dgn penampilan fisik, teman-teman sy yg badannya ga langsing dan ga cantik/ ganteng nikah duluan. Memang ada kuasa Tuhan di sini.

Dan kamu tahu? Secantik atau seganteng apa pun laki2/ perempuan single kdg2 merasa ga PD krn status belum menikahnya. Sy sdh bbrp kali jadi tempat curcol teman-teman yg belum menikah. Yg paling parah perempuan S2, cantik, langsing, belum menikah tapi nekat mau menyerahkan segala2nya krn tunangannya bilang itu tanda sayang demi dinikahi cepat, ternyata tunangannya kabur dan perempuan ini merasa kotor dan mau bunuh diri. 


Ada lagi perempuan S2 juga punya jabatan penting, berpikir untuk "menjebak" pacarnya dengan sengaja hamil biar pacarnya menikahi. Ada pula yang terjebak pada pernikahan dengan suami yg hobi KDRT padahal dia sudah tahu sejak masih jadi pacar, suaminya hobi memukul. Banyak ABG perempuan melakukan segalanya yang diminta pacarnya asal ga dapat gelar "jomblo"

Memang cuma di indonesia dan mungkin RRC dan bbrp negara berkembang tekanan sosial ini ada. Katanya kosa kata Jomblo dari bhs China "Jomlo" yg artinya perawan tua. Krn di China orgtua akan pasang iklan di jln jika anak perempuannya belum laku-laku.

Buat perempuan muslim, apalagi berhijab, pikir sekali lagi kalau mau ikut2an becanda khas Indonesia ini yg menghina org ala olga dibilang lucu, kan tahu ajaran agama, panggilah org dgn panggilan yg baik.

Kamu kan ga tahu, apakah ini jalan Allah buat dia? Kamu ga tahu usaha dia selama ini misalnya dia sdh memperbaiki diri sesuai ajaran agama? Atau dia selama ini didekati oleh orang yg beragama lain dan dia tetap berpegang teguh pada agamanya? Kamu ngga tahu cerita dia kenapa dia belum menikah dan rencana Allah pada dia? Kamu kan ngga tahu mungkin dia berusaha menjaga kehormatan dia karena nurut ajaran Ustadz Felix "Udah putusin aja". Kamu juga ga tahu dia ngga mau jadi istri simpanan atau istri kedua suami orang karena dia menghargai perasaan perempuan lain. Kamu ngga tahu perasaan hati terdalam dan jalan hidup orang lain, kecuali kamu Tuhan.

Orang yg ngga pernah ngalamin memang susah utk berempati, itulah kenapa sebenarnya saya punya misi saaat nulis Cinderella in Paris. Selain menghibur dan menguatkan teman-teman yg belum menemukan pasangan hidup supaya tetap berprasangka baik pada Allah sekalipun ditanyal2, diolok2, tetap menikmati hidup dan bermanfaat utk diri sendiri dan org lain.

Dan juga harapan supaya org2 yg merasa jauh beruntung dan juara krn sdh menikah, lbh punya empati.

4 comments:

Any comments, share your experience or ask?